Content WritingSEOWebsite

7 Manfaat Blog Pribadi – Yakin Tidak Ingin Punya Blog?

Di era digital seperti ini, penulis atau khalayak sebaiknya memiliki blog pribadi. Mengapa? Karena terdapat banyak manfaat blog pribadi yang bisa kita dapatkan. Jadi, jangan cuma punya media sosial saja.

Rasanya sangat disayangkan kalau punya kemampuan menulis, tetapi tidak diberdayakan untuk menulis di blog pribadi. Seperti ada harta karun di depan mata, tetapi tidak diambil.

Memangnya apa sih manfaat blog pribadi sampai kita, baik itu penulis atau tidak, sebaiknya memiliki blog pribadi? Ini dia!

1. Mencurahkan Isi Hati

Dengan perkembangan teknologi sekarang, informasi mengalir sangat deras, sehingga kita bisa melihat perkembangan dunia setiap harinya.

Sayangnya, hal ini terkadang membuat stres. Apalagi kalau kita terbiasa melihat si paling dalam sesuatu atau kehidupan orang lain yang terlihat lebih bahagia atau sukses dari kita.

Nah, salah satu manfaat blog pribadi (dan menulis) adalah mencurahkan isi hati kita. Jadi, kita bisa melepas stres dengan journaling di blog pribadi kita.

Tuliskan keluh-kesahmu di blog pribadi agar stres bisa terlampiaskan dengan baik. Bahkan, journal curhatmu ini bisa dipakai setiap hari layaknya diary.

Takut isi curhat dibaca orang lain? Buat visibility dari blognya menjadi privat agar blog yang berisi curhatan hanya bisa diisi oleh dirimu. Jadi, kita tidak perlu khawatir kalau curhatan kita dibaca oleh publik.

2. Menghasilkan Uang

Manfaat blog pribadi juga salah satunya adalah menghasilkan uang/monetisasi. Jadi, tidak hanya menulis di media massa saja yang jadi sumber cuan.

Loh, bagaimana caranya dapat uang dari blog pribadi? Caranya adalah:

  • Kerja sama dengan brand yang melakukan digital PR
  • Menang lomba blog
  • Adsense
  • Menjual produk/jasa via blog pribadi sebagai kanal marketing

Cukup banyak kan peluang menghasilkan uang dari blog pribadi? Apakah kamu jadi mulai tertarik untuk punya blog pribadi setelah mengetahui hal ini?

3. Meningkatkan Skill Menulis

Punya blog pribadi juga bermanfaat untuk meningkatkan skill menulis. Mengapa? Karena blog pribadi adalah platform latihan menulis yang bebas. Kamu tidak perlu khawatir dengan hal seperti tulisan tidak terbit di media massa alias ditolak editor karena kamu yang punya kuasa di blog pribadimu.

Kesalahan dalam penulisan saat menulis blog pribadi menjadi batu loncatan untukmu dalam meningkatkan skill menulis.

Tidak perlu malu karena draft pertama pasti selalu ada kesalahan. Lagi pula, menulis di blog pribadi (kalau belum ada traffic) mirip dengan latihan parkir mobil di tempat yang sepi.  Latihannya tidak perlu terlalu khawatir karena tidak banyak orang yang melihat atau adanya tekanan.

Jadi, yuk latihan dan tingkatkan skill menulis lewat membuat blog pribadi!

Untuk skill yang harus dikuasai oleh blogger ada di tautan ini!

4. Portfolio Pribadi

Punya blog pribadi menjadi nilai plus dalam industri kreatif/kepenulisan karena kamu punya karya dalam blog pribadimu.

Blog pribadimu bisa dibilang adalah portfolio atau galeri pribadi, sehingga calon employer atau orang yang mengajak kerja sama bisa melihat kualitasmu dengan lebih baik dan memperbesar peluang untuk terjadinya kerja sama.

Tidak perlu desain aneh-aneh atau macam-macam. Punya blog pribadi itu ada nilai plusnya tersendiri.

Portfolio blog pribadi itu tidak hanya soal tulisan saja yang bisa dijual, tetapi juga SEO jika kamu ingin mengembangkan SEO blog pribadimu. Contohnya melakukan riset keyword agar organic traffic meningkat.

5. Personal Branding

Jangan salah sangka, blog pribadi itu bisa dijadikan tempat untuk personal branding, tidak hanya sekedar tempat menulis saja.

Bagaimana gaya bahasa tulisan kita, apa yang kita tulis, style dari blog, orang yang bekerja sama (content placement) bisa memengaruhi penilaian/persepsi orang lain terhadap kita.

Contohnya, kalau kita suka menulis soal sepak bola dan ulasannya mantap, maka orang-orang akan berpikir bahwa kita adalah penulis yang hebat di bidang sepak bola.

Begitu juga kalau kita rutin menulis blog soal kesehatan, maka orang-orang akan berasumsi bahwa kita paham akan kesehatan.

Untuk menjadikan blog pribadi sebagai tempat personal branding, maka dibutuhkan:

  • Tujuan blog
  • Content plan
  • Riset keyword yang sesuai dengan tujuan blog dan search intent pembaca
  • Pengetahuan akan blog yang ingin ditulis
  • Keikutsertaan dalam lomba blog dan menjuarainya

Mari bangun personal branding kita dengan menulis di blog pribadi! Punya blog pribadi itu tidak harus bayar loh. WordPress dan blogspot saja gratis (tetapi tidak top level domain).

6. Menambah Teman/Koneksi

Dari tulisan di blog pribadi, bukan tidak mungkin akan ada pembaca yang tertarik dengan tulisan kita, sehingga mereka ingin belajar atau menjadi penikmat setia dari blog yang kita buat.

Jangan sia-siakan kesempatan berjejaring lewat blog karena kita bisa belajar banyak dari pembaca atau jaringan baru.

Tidak hanya kesempatan belajar atau dapate mentor. Bisa saja koneksi baru yang kita dapat karena blog pribadi mau bekerja sama dengan kita, misalnya link building, content placement, atau memakai jasa kita sebagai penulis lepas/kartap.

7. Membentuk Pribadi yang lebih Kuat dan Bijak

Perjalanan menulis, termasuk di blog pribadi itu pastinya ada tantangan tersendiri. Misalnya:

  • Susah dapat traffic
  • Konsisten menulis, tetapi traffic stuck alias jalan di tempat
  • Dapat kritik dari pembaca
  • Writer’s block
  • Adsense ditolak terus
  • Tidak ada brand yang mau bekerja sama
  • Kalah lomba blog

Dalam menghadapi tantangan tersebut, pastinya kita akan menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijak.

Jadi, mari hadapi tantangan ini agar kita bisa naik ke level selanjutnya!

Ayo Buat Blog Pribadi!

Lihat kan? Banyak sekali manfaat blog pribadi. Tidak hanya untuk curhat pribadi atau dear diary saja, bahkan bisa untuk menghasilkan uang! Blogging masih relevan di zaman ini!

Kalau kamu masih kurang yakin untuk punya blog pribadi itu tidak apa-apa, kamu masih bisa menulis di platform menulis lain (untuk artikel blog pribadi vs media lain bisa diakses di tautan ini) tetapi sangat disayangkan jika kamu menyia-nyiakan kesempatan dari memiliki blog pribadi.

Pebisnis/pengusaha juga mendapatkan keuntungan dengan memiliki website dan blogger bisa membuka peluang kerja sama dengan mereka.

Jika kamu sudah siap untuk memiliki blog pribadi, yuk segera buat dengan mengklik tautan ini!

Author

7 thoughts on “7 Manfaat Blog Pribadi – Yakin Tidak Ingin Punya Blog?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *