Digital MarketingKepenulisan

Anchor Text – Bukan Sembarangan Teks

Pernahkah kamu menyematkan tautan di dalam suatu teks agar kalau orang mengklik teks tersebut, maka ia akan membuka situs lain/laman lain? Teks yang ada tautan tersebut bernama anchor text atau dengan kata lain teks jangkar.

Ternyata, bukan untuk iseng. Hal tersebut penting sekali dalam optimasi SEO.

Yuk ketahui lebih lanjut anchor text, terlihat receh, padahal penting.

Apa Itu Anchor Text?

Anchor text adalah teks yang di dalamnya berisi sebuah tautan. Tautan tersebut bisa masih dalam satu domain (internal link) atau ke situs lain (outbound link).

Biasanya, anchor text memiliki warna yang berbeda dengan teks lain (biasanya warna biru) dan ada underline-nya.

Mengapa Anchor Text Penting?

a. Membantu dalam Ranking di Google

Dikutip dari situs resmi Google Search Central, Google menggunakan tautan sebagai sinyal ketika menentukan seberapa relevan suatu laman dan menemukan halaman baru untuk di-crawl. Karena itulah, anchor text penting untuk membantu situs kita agar bisa ranking di Google, tidak hanya sekedar terindeks saja.

Anchor text juga membantu Google untuk mengetahui konteks tentang tautan yang kita sematkan di teks.

b. Membuat User Stay lebih Lama di Situs

Bayangkan kalau kita membaca sebuah blog tanpa adanya anchor text. Kalau ada pertanyaan yang tidak terjawab atau kita butuh jawaban lebih mendalam untuk suatu konteks, pasti membingungkan bukan?

Berbeda dengan membaca buku. Blog bisa dipasang anchor text agar user bisa membuka sumber informasi lainnya. Tentunya hal ini akan membuat user berada di situs kita dengan durasi lebih lama.

Jadi, tidak hanya satu konten saja yang dibaca, tetapi dua, tiga, atau bahkan lebih. Karena itu, buatlah content pillar agar kontennya berkesinambungan dan meminimalkan adanya orphan page.

c. Membangun Kepercayaan Pembaca

Kalau kita tidak menyematkan tautan yang merujuk ke referensi, pembaca bisa ragu dengan konten kita.

Contohnya, kita membuat konten kesehatan, tetapi tidak ada tautan referensi penelitiannya. Padahal, sebenarnya kita mengambil dari Elsevier.

Jika lupa memberi referensi, terutama topik YMYL seperti kesehatan dan keuangan, maka kepercayaan pembaca akan sulit untuk didapatkan.

Dengan adanya anchor text ke referensi terpercaya, user akan percaya dengan kita karena sumber informasinya kredibel.

d. Gerbang Menuju Funnel Berikutnya

Kalau suatu blog digunakan untuk mendapatkan leads, biasanya kita akan membuat call to action yang berisikan anchor text yang mengarah ke landing page atau lead magnet.

Fungsi anchor text adalah menjadi gerbang agar user pergi ke funnel berikutnya setelah membaca konten.

Diskusikan atau tentukan bagaimana customer journey yang ideal agar user bisa convert dan mendapatkan pengalaman terbaik sebelum bertransaksi.

Seperti Apa Anchor Text yang Baik?

Menurut Google Search Centralanchor text yang baik adalah yang:

  • Deskriptif
  • Ringkas (tapi komprehensif alias concise)
  • Relevan
  • Memberikan konteks dan ekspektasi kepada pembaca

Contohnya:

Untuk mengetahui lebih lanjut soal jasa sewa mobil ini, ketahui <a href=”https://example.com”>daftar mobil untuk disewa</a>.

Sebagai catatan, agar anchor text bisa di-crawl Google, tempatkan anchor text di antara <a>. Contohnya sudah diberikan di paragraf sebelumnya.

Jika anchor text berisi outbound link dan kita tidak percaya dengan situsnya atau tidak ingin memberikan reputasi, maka gunakan rel nofollow.

Bagaimana Cara Membuat Anchor Text yang Bagus?

Meski prosesnya mudah, pembuatannya tidak boleh diremehkan. Berikut cara membuat anchor text yang bagus.

a. Selipkan Secara Natural

Mirip-mirip dengan menulis artikel yang dioptimasi untuk SEO yang harus menempatkan kata kunci secara natural. Anchor text juga harus ditempatkan secara natural.

Ketika membuat anchor text, pastikan bahwa keseluruhan teks sesuai dengan konteks. Contohnya, di blog kekurangan makanan pedas, jangan sematkan kelebihan makanan pedas, meski sebenarnya ada godaan untuk menyematkan tautan ke blog di teks “makanan pedas”.

b. Pahami Ekspektasi Pembaca

Sejenis dengan memahami search intent dari suatu kata kunci, kita juga harus paham dengan apa ekspektasi pembaca saat mengklik anchor text-nya.

Contohnya, kalau kita membuat anchor text obat nyamuk. Orang-orang pasti akan berekspektasi informasi tentang obat nyamuk.

c. Jangan Menipu Pembaca

Yah, saking gampangnya membuat anchor text, bisa saja kita membuat teks tersebut secara asal. Jadi, teksnya tentang A, tetapi tautannya tentang B. Ibarat ada anchor text tentang cara melempar bola, tetapi pas diklik, yang keluar adalah cara menendang bola.

Hal ini pasti akan membuat pembaca jengkel. Jangankan dibaca, pasti pembaca langsung keluar, sehingga bounce rate jadi tinggi.

Tentunya hal negatif menyebar lebih cepat dari kabar baik. Jadi, jangan sampai anchor text yang asal-asalan membuat user tidak percaya dengan situs kita lagi.

Kepercayaan itu sulit didapatkan, tetapi mudah untuk hilang.

d.  Berikan Ciri Khusus

Gunakan warna dan ciri-ciri berbeda dari anchor text untuk membedakannya dengan teks biasa.

Hal ini akan memudahkan user untuk mengklik teks tersebut, sehingga peluang terjadinya klik pada anchor text meningkat.

e. Pastikan Tautannya bukan Broken Link

Terakhir, pastikan kalau tautan di dalam anchor text-nya bukanlah sebuah broken link.

Jika kita menyematkan internal link dengan broken link, maka hal ini bisa berdampak buruk karena situsnya berpotensi dipenalti oleh Google.

Kalau sudah terlanjur menyematkan broken link di dalam anchor text, segera hapus tautan di dalam teks tersebut.

Contoh Penerapan Anchor Text

Dalam blog ini, penulis akan memberikan contoh penerapan anchor text yang baik. Berikut anchor text yang beris internal link ke blog ini (masih satu domain).

Anchor Text Berguna untuk Manusia mau pun “Robot”

Dengan anchor text, Google akan lebih mudah untuk melakukan crawl terhadap laman situs kita. Selain itu, user juga akan stay lebih lama di situs karena banyak bacaan yang relateable dari tautan yang disematkan dalam teks.

Karena cara pembuatannya yang mudah dan tidak makan waktu (bisa dibilang effortless, cuma modal tautan dan ctrl + K). Jelas sekali bahwa anchor text adalah hal yang wajib diterapkan, terutama dalam optimasi on page SEO.

Yuk buat anchor text yang bagus untuk memudahkan “robot (mesin pencari)” dan “manusia (pembaca)” sekaligus!

Sumber:

https://developers.google.com/search/docs/crawling-indexing/links-crawlable#anchor-text-placement

https://www.semrush.com/blog/what-is-anchor-text-and-how-can-i-optimize-it/#8-types-of-anchor-text-and-how-they-work

https://yoast.com/what-is-anchor-text/

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *