Digital Marketing

Apakah Brand Mention Penting untuk SEO? Apa Manfaatnya?

Mungkin kita tidak sedikit melihat adanya nama-nama brand yang bersliweran di berbagai media nasional atau situs lainnya. Bisa karena terobosan inovasinya, habis mendapatkan pendanaan, baru membuat gimmick, mengalami kebangkrutan, atau menyampaikan adanya produk/jasa baru. Nah, hal ini disebut sebagai brand mention.

Apakah brand mention alias penyebutan brand di dunia digital penting untuk SEO?

Apa Itu Brand Mention?

Brand mention adalah semua referensi kepada suatu brand di dunia digital. Baik itu pada situs media nasional, blog, media sosial, review, dll. Bisa dibilang, hal ini termasuk dalam off-page SEO.

Contohnya, ada seseorang yang memberikan review di Google Business Profile kita setelah mendapatkan pengalaman yang menyenangkan (salah satu kesuksesan dalam local SEO) atau brand kita masuk media nasional karena baru saja menghadirkan produk/jasa pertama di Indonesia.

Apakah Brand Mention Berpengaruh pada Rank di SERP?

John Mueller mengonfirmasi bahwa Google (page rank) tidak menggunakan brand mention, tetapi ia memasukkan diksi tricky pada pernyataannya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Dalam paten ranking search result pada tahun 2012, ada penyebutan implied link, yaitu sebuah teks tautan, tetapi tidak bisa diklik. Contohnya adalah farisyudza.com. Banyak opini soal ini, tetapi dari berbagai sumber, hal ini bisa membantu dalam branded search queries/keyword.

Dampak dari brand mention terhadap rank di SERP tidak berpengaruh secara langsung seperti on-page SEO, technical SEO, dan backlink. Justru, efeknya terasa secara tidak langsung.

Manfaat Brand Mention 

a. Brand Awareness

Brand awareness pasti akan meningkat dengan adanya brand mention, apalagi jika brand-mu disebutkan pada media nasional atau situs dengan traffic yang tinggi.

Sebelum masuk marketing funnel akhir seperti pembelian atau advokasi, jelas orang harus tahu dulu soal brand-mu.

b. Trust

Pernah googling untuk mencari nama brand, tetapi tidak ada hasilnya? Pastinya kita akan berpikir hal tersebut adalah penipuan bukan?

Brand mention dapat membuat user percaya dengan adanya brand kita di dunia digital dan fisik.

c. Penjualan

Jika brand mention-nya ada pada konten seperti testimoni, hal ini dapat membantu penjualan. Terutama pada user yang tinggal perlu diyakinkan dengan testimoni.

d. Reputasi

Dari brand mention, kita bisa mengetahui bagaimana opini publik tentang brand kita. Apakah positif atau negatif?

e. Off-Page SEO

Jika brand kita disebutkan, tetapi tidak ada tautan yang mengarah ke situs kita, maka kita bisa melakukan off-page SEO dengan cara outreach untuk meminta menautkan situs yang melakukan brand mention untuk menautkan situs kita dengan anchor text brand kita.

Selain outreachbrand mention (tanpa backlink) juga bisa memancing backlink berkualitas  dan meningkatkan link velocity secara natural.

Brand mention juga bisa jadi link bait loh. Misalnya press release soal rilis produk/jasa baru atau manajemen krisis.

f. Traffic

Brand mention dapat menyebabkan kenaikan search volume pada branded search queries/keyword, sehingga ada peluang peningkatan traffic.

Bagaimana Cara Mendapatkan Brand Mention?

a. Jasa Media PR

Jasa media PR bisa membantu kita dalam mendapatkan brand mention. Mereka akan menghubungi media nasional atau pun blogger untuk melakukan review terhadap brand kita.

Contoh momen yang pas untuk memakai jasa ini adalah ketika baru merilis produk/jasa baru.

Jasa ini cocok, terutama bagi pebisnis baru atau audiensnya belum besar.

b. Key Opinion Leader

KOL atau key opinion leader di media sosial juga bisa membantu dalam brand mention. Namun, hal ini tidak dilakukan di situs, melainkan di media sosial.

c. Membuat Suatu Hal yang Besar

Membuat hal yang besar seperti prestasi, profit jumbo, menjadi sponsor acara besar, atau pun IPO dapat memancing jurnalis atau reporter untuk meliput brand. Setelah meliput, mereka akan menulis brand kita di artikel media tempat mereka bekerja.

IPO sendiri memungkinkan suatu brand untuk disebutkan terus namanya, apalagi jika mengalami keuntungan atau pun kerugian, serta terobosannya lebih mudah untuk masuk media nasional, terutama media yang fokusnya adalah saham.

d. Gimmick

Informasi negatif atau hal aneh/skandal menyebar dengan lebih cepat karena pada dasarnya salah satu insting bertahan hidup manusia adalah ketakutan.

Gimmick adalah cara cepat untuk mendapatkan brand mention, namun banyak yang perlu dipertimbangkan seperti:

  • Apa selanjutnya (kalau) viral?
  • Bagaimana mitigasi risikonya jika ada yang melapor/bermasalah?

Cara ini perlu ekstra hati-hati karena dapat menghancurkan reputasi brand jika tidak dilakukan dengan benar. Jangan sampai niat kita untuk meningkatkan brand awareness untuk membangun kepercayaan, yang terjadi malah sebaliknya.

Pro tip: hindari gimmick berbau SARA!

e. Membuat Branded Content

Brand mention juga bisa bertambah karena branded content loh.

Contohnya, kita berbicara soal mental health di Tiktok, bisa jadi ada yang repost/stitch, sehingga brand mention bertambah.

Bagaimana Cara Mengecek Brand Mention?

Kita bisa mengecek brand mention dengan googling dengan kueri nama brand kita atau menggunakan Google alerts.

Tools SEO seperti Ahrefs dan Semrush juga menyediakan fitur untuk mengecek brand mention.

Apakah Brand Mention selalu Bermanfaat?

Kalau brand mention-nya dalam konteks positif seperti prestasi pastinya sangat bermanfaat. Namun, jika brand mention-nya justru karena terlibat kasus kriminal, kerugian, atau bermasalah dengan konsumen justru hal ini akan jadi bumerang. Bahkan hal ini bisa dilakukan pihak yang tidak suka pada kita atau dengan kata lain negative SEO.

Meski nama brand makin banyak yang aware, namun kalau kepercayaan dari konsumen hancur buat apa juga? Tinggal tunggu “gulung tikar” saja jika tidak ada manajemen krisis yang baik.

Brand mention di media atau KOL yang kurang relevan buyer/audience persona-nya dengan brand kita juga kurang cocok diterapkan. Jadi, jangan sembarangan dalam memakai media PR.

Bangun Reputasi yang Baik agar Brand Mention yang Positif bisa Muncul

Meski brand mention tidak memengaruhi SEO secara langsung, hal ini tetap penting dalam brand awareness agar makin banyak orang yang tahu bahwa brand kita hadir dalam kehidupan mereka.

Gimmick dan hal negatif memang merupakan cara cepat untuk mendapatkan brand mention, namun usahakan untuk mendapatkan penyebutan nama brand karena baru membuat inovasi atau berprestasi. Contohnya adalah perusahaan yang baru-baru ini listing di NASDAQ atau ekspansi pasar ke luar negeri.

Buat orang sadar akan kehadiran brand dan menumbuhkan kepercayaan dulu, bukan langsung mikir berapa sales yang bisa dihasilkan!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/brand-mentions-googles-algorithm/439801/

https://www.searchenginejournal.com/google-seo-brand-mentions/430848/#close

How Brand Mentions Affect SEO and Why you Should Care

Brand Mention

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *