KesehatanPromosi

Bagaimana Imunitas Tubuhmu? Yuk Cek Imunitas dengan Cara Ini!

Bagaimana Imunitas Tubuhmu? Yuk Cek Imunitas dengan Cara Ini!

“Waduh, kayaknya imunitasku lagi drop banget nih, flu terus dari kemarin” kata A yang mengeluh karena ingusnya tidak berhenti mengalir dari hidungnya. Apa flu bisa dijadikan metrik/patokan untuk cek imunitas ya?

Untuk mengetahui apakah sistem imunmu sedang baik-baik saja atau tidak, sebenarnya bisa dilakukan semacam self assesment, meski akan lebih baik jika kita memeriksakan diri ke dokter.

Mari kita ketahui cara cek imunitas dan solusi jika sistem imun kita sedang tidak baik-baik saja (tubuh sedang terkena penyakit).

Mengapa Mengecek Apakah Sistem Imun sedang Lemah Itu Penting?

Mengecek apakah sistem imun itu lemah atau tidak itu diperlukan agar kita lebih sadar akan kondisi tubuh sendiri dan berani memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui diagnosis penyakit serta pengingat bahwa kita wajib melakukan pencegahan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Ingat bahwa di balik tubuh yang sehat, ada sistem imun yang kuat dan efektif dalam pekerjaannya. Nah, pertanyaan selanjutya, bagaimana cara kita tahu kalau sistem imun kita sedang lemah?

Bagaimana Cara Cek Imunitas?

Untuk mengecek apakah imunitasmu sedang lemah atau tidak, kita bisa memperhatikan hal berikut:

a. Level Stres yang Naik Drastis

Salah satu tanda sistem imun kita melemah adalah naiknya stres yang kita alami.

Menurut asosiasi psikologi Amerika Serikat, stres jangka panjang dapat melemahkan sistem imun. Mengapa? Hal ini karena stres dapat mengurangi jumlah level limfosit yang berfungsi untuk melawan infeksi. Semakin sedikit jumlah limfosit, maka semakin rentan seseorang untuk mengidap penyakit.

b. Rutin Masuk Angin

Sering masuk angin? Itu bisa jadi pertanda bahwa sistem imun sedang melemah.

Sebenarnya masuk angin itu normal saja jika hanya 2-3 kali dalam setahun, tetapi kalau keseringan, lebih baik mengunjungi dokter karena bisa jadi ada indikasi tertentu, terutama dalam sistem imun.

c. Sering Sakit Perut

Sebagai informasi, 70% dari sistem imun berada di saluran pencernaan dan bakteri baik di dalam saluran tersebut bisa menjadi bala bantuan bagi sistem imun dalam melawan infeksi.

Jika sering sakit perut seperti diare atau sembelit, itu berarti ada ketidakseimbangan jumlah bakteri baik di dalam tubuh.

Ketidakseimbangan jumlah bakteri baik ini tidak hanya melemahkan sistem imun juga, tetapi berpengaruh pada metabolisme tubuh dan penyakit autoimun.

d. Luka Butuh Waktu Lama untuk Sembuh

“Kok lukaku lama banget ya untuk sembuh?”. Tenang dulu, itu bukan berarti tanda hemofilia (lagipula penyakit ini bersifat turunan). Bisa jadi itu adalah tanda sistem imun sedang melemah.

Kalau sistem imun kuat, luka akan cepat sembuh. Sementara itu, jika lemah, maka luka akan lama sekali untuk menutup.

e. Merasa Lelah secara Terus-Menerus

Merasa lelah secara terus-menerus padahal sudah tidur cukup bukan hanya tanda dari sindrom kelelahan kronis, tetapi juga tanda melemahnya sistem imun. Mengapa? Karena ketika sistem imun melemah, maka level energi juga ikut menurun.

Akibatnya, tubuh menyimpan energi sebagai bahan bakar sistem imun dalam melawan infeksi.

f. Mendapatkan Infeksi di Beberapa Bagian Tubuh

Menurut, The American Academy of Allergy Asthma & Immunology, empat tanda ini adalah tanda bahwa sistem imun sedang mengalami defisiensi:

  1. Mengalami infeksi telinga lebih dari empat kali dalam setahun
  2. Mengidap pneumonia dua kali dalam periode satu tahun
  3. Menderita sinus kronis
  4. Butuh lebih dari dua anti biotik dalam setahun

Apa yang harus Dilakukan setelah Cek Imunitas?

Setelah cek imunitas dan mendapati kalau kira-kira ada masalah pada sistem imun, segerakan diri untuk berkonsultasi ke dokter. Sebagai tambahan, kita bisa lakukan hal berikut ini untuk membantu sistem imun kita:

  1. Menerapkan diet gizi seimbang
  2. Tidur cukup
  3. Olahraga 150 menit/minggu (standar WHO)
  4. Rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan
  5. Mendapatkan imunisasi/vaksin
  6. Menjaga berat badan ideal
  7. Tidak merokok. Kalau merokok, segera stop
  8. Mengelola stres dengan baik

Yuk Mulai Sadar dengan Sistem Imun Tubuh!

Sistem imun adalah garda terdepan tubuh dalam melawan penyakit. Jika melemah, kita akan sangat mudah mengidap penyakit.

Ingat bahwa orang sehat menginginkan banyak hal, tetapi orang sakit hanya mau satu hal, yaitu sehat. Jadi, ayo mulai sadar dengan kualitas imun tubuh kita dengan cek imunitas serta menerapkan pola hidup sehat agar sistem imun kita bisa kuat dan bekerja dengan baik!

Sistem imun tubuh kuat = jasmani dan rohani yang sehat.

Author

2 thoughts on “Bagaimana Imunitas Tubuhmu? Yuk Cek Imunitas dengan Cara Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *