Digital Marketing

ccTLD – TLD dengan Kode Negara

Dalam menentukan TLD atau top-level domain, biasanya orang-orang akan memakai gTLDs (generic) seperti .com, namun ada juga yang menggunakan ccTLDs (country code). Kamu pasti familiar dengan TLD .id bukan? .id adalah contoh dari ccTLD yang dipakai di Indonesia.

Apa sebenarnya ccTLD ini? Apa saja manfaatnya? Apakah berpengaruh terhadap SEO dan kalau menarget audiens dengan negara tertentu, ccTLD cukup?

Apa Itu ccTLD?

CcTLD atau country code top-level domain adalah top-level domain yang mengindikasikan suatu lokasi geografis (negara) dari situsnya.

Dari definisi tersebut, ccTLD memang mengindikasikan suatu negara, namun tidak menggambarkan bahasa yang digunakan pada situsnya. Jadi jangan heran kalau ada situs dengan ccTLDs negara lain, tetapi bahasanya tidak menggunakan bahasa asli negara lokasi dari situsnya.

Hal ini juga yang menjadi pembeda ccTLD dengan TLD lainnya seperti gTLD dan sTLD.

Contoh ccTLD

Dikutip dari Root Zone Database, per Juni 2022, terdapat 316 ccTLD. Berikut beberapa contohnya:

  1. .id: Indonesia
  2. .fr: Prancis
  3. .af: Afghanistan
  4. .dz: Algeria
  5. .au: Australia
  6. .be: Belgia
  7. .ca: Kanada
  8. .eg: Mesir
  9. .de: Jerman
  10. .jp: Jepang
  11. .gr: Yunani
  12. .hk: Hong Kong
  13. .in: India
  14. .iq: Iraq
  15. .ir: Iran
  16. .it: Italia
  17. .kr: Korea Selatan
  18. .mg: Madagaskar
  19. .my: Malaysia
  20. .mx: Mexico
  21. .mm: Myanmar
  22. .nz: Selandia Baru
  23. .pk: Pakistan
  24. .pg: Papua Nugini
  25. .pt: Portugal
  26. .sa: Arab Saudi
  27. .sg: Singapura
  28. .es: Spanyol
  29. .th: Thailand
  30. .vn: Vietnam
  31. .ye: Yaman

Manfaat ccTLD

Pada dasarnya, manfaat ccTLD adalah memberi tahu lokasi dari suatu situs. Pada bisnis, hal ini bermanfaat untuk menarget audiens negara tertentu. Contohnya, kalau kamu menarget audiens dari Prancis, maka ccTLD .fr bisa digunakan. Mirip dengan penerapan Google Business Profile pada local SEO.

Dikutip dari MoZ, Google mengasumsikan bahwa suatu situs yang menggunakan ccTLD kontennya relevan dengan audiens/demografi negara tertentu sesuai dengan ccTLD-nya.

Kekurangan ccTLD

CcTLD memang bagusnya adalah memberi tahu lokasi dari suatu situs, jadi lebih terfokus. Namun, hal ini juga menjadi kelemahan, yaitu pada situs yang menarget audiens global atau tidak hanya satu negara saja.

Selain itu, menurut survei dari bluecoat.com, ccTLD .gq (Guinea Ekuator) 97,63%-nya adalah situs yang mencurigakan. Namun, jangan khawatir, dikutip dari Semrush, .co.uk adalah ccTLD yang paling dipercaya di dunia.

Menurut beberapa blogger, ccTLD juga biasanya punya harga yang lebih mahal dibanding dengan gTLD. Situs ini menggunakan TLD dengan harga Rp 500.000 rupiah setahun, sementara itu, ada domain ccTLD yang dijual seharga 76 USD per tahun (hampir 1,2 juta rupiah).

Apakah ccTLD saja Cukup untuk Menarget Audiens Negara Tertentu?

Jawabannya adalah tidak. Kita perlu hosting dengan server lokal sesuai dengan ccTLD situs kita atau memanfaatkan CDN (content delivery network).

Selain hosting dan CDN, jangan lupa bahwa bahasa juga penting. Orang-orang yang berkunjung ke domain dengan ccTLD itu yakin bahwa situsnya menggunakan native language atau mother tongue bahasa mereka. Jadi, jangan sampai bahasa di situs kita justru tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh audiens.

Terakhir, jangan setengah-setengah. Kalau memang punya bisnis di negara lain, buat juga Google Business Profile untuk memaksimalkan local SEO.

Apakah Kamu Berminat untuk Menggunakan ccTLD?

Menggunakan ccTLD ada kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kalau situsmu ingin menarget audiens dari banyak negara, maka ccTLD bukanlah pilihan yang tepat. Sementara itu, jika kamu ingin menarget audiens di negara tertentu, ccTLD bisa jadi pilihan yang baik.

Riset, dan do your own risk. Kalau masih tidak yakin, pakai saja gTLD seperti .com.

Happy optimizing!

Referensi:

https://moz.com/learn/seo/cctlds

https://www.shopify.com/id/blog/what-is-cctld

https://www.iana.org/domains/root/db

https://www.semrush.com/blog/will-using-alternate-tlds-affect-your-seo-negatively/

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *