Digital MarketingKepenulisan

Manfaat dan Cara agar Mahir Menulis dalam Bahasa Inggris

Di zaman sekolah, mungkin kita terbiasa menulis dalam bahasa Inggris karena ada mata pelajaran wajibnya, tetapi bisa jadi sekarang kamu sudah tidak melakukan hal tersebut.

Bukan alasan mengapa hal ini penting. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika kita bisa menulis dalam bahasa Inggris, apalagi kalau fasih berbicara dengan bahasa tersebut.

Apa saja manfaat dari menulis dalam bahasa Inggris? Bagaimana caranya?

Manfaat Menulis dalam Bahasa Inggris

a. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris

Kemampuan berbahasa akan hilang jika tidak terbiasa untuk dipakai. Kalau jarang berbicara dengan bahasa Inggris, setidaknya kita bisa menulis dalam bahasa Inggris agar kemampuan kita di hal tersebut tidak “berkarat”.

Saat menulis, kita bisa menguji kita tentang berbagai pengetahuan soal tata bahasa dan seberapa kaya vocabulary yang kita punya.

b. Mendapatkan Nilai yang Tinggi di IELTS/TOEFL ITP

TOEFL ITP tidak ada esai, hanya pilihan ganda. Sementara itu, IELTS ada tes tertulis/esai. Karena itu, penting untuk bisa menulis dalam bahasa Inggris agar bisa mendapatkan skor yang tinggi di tes tersebut.

Meski demikian, tidak menutup skor TOEFL ITP juga akan tinggi jika jago menulis dalam bahasa Inggris karena writing test jelas jauh lebih sulit ketimbang pilihan ganda.

c. Membuka Peluang di Dunia Akademik/Kerja

Kalau mahir menulis dalam bahasa Inggris, skor IELTS akan tinggi, dan hal tersebut akan membuka peluang di dunia akademik dan pekerjaan. Begitu juga jika skor TOEFL tinggi

Jangan lupa cantumkan skor IELTS/TOEFL tersebut di CV/resume agar peluang dilihat/stand out sangat besar.

Beberapa peluang/kesempatan tersebut adalah:

  • Berkuliah di luar negeri
  • Bekerja di luar negeri
  • Melamar untuk pekerjaan yang butuh kemampuan bahasa Inggris seperti penulis, editor, pengajar, dan penerjemah
  • Berjejaring dengan komunitas yang berbasis di luar negeri
  • Mendapatkan klien dari luar negeri

Sebenarnya masih banyak peluang yang bisa terbuka. Contohnya, kita bisa berteman dengan orang luar negeri karena tidak ada barier bernama “bahasa”.

d. Menggaet Traffic dari Luar Negeri

Khusus blogger, kalau kita ingin mendapatkan traffic dari luar negeri, jelas salah satu caranya adalah menggunakan bahasa Inggris di dalam artikelnya.

Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan di seluruh dunia, jadi peluang untuk muncul dalam hasil mesin pencarian di berbagai negara akan terbuka, meski kompetisinya juga lebih tinggi.

Tidak hanya di SERP, kita juga bisa posting di komunitas luar negeri jika tulisan kita memakai bahasa Inggris.

e. Menambah Penghasilan dari Adsense

Dikutip dari Digital Marketing Streak, CPC (cost per click) terbesar sekarang ini dipegang oleh Luxemburg, Amerika Serikat, Inggris, Finlandia, Kanada, Australia, dan Austria.

Jelas sekali bahwa agar situs kita bisa muncul di negara tersebut, maka kita harus menulis dalam bahasa Inggris (dalam bentuk blog).

Kalau kita tidak bisa bahasa Inggris, agak sulit untuk menargetkan negara tersebut. Menerjemahkan/menginterpretasi suatu bahasa itu tidak semudah kelihatannya.

Menerapkan local SEO bisa jadi cara jitu yang bagus agar bisa ranking pada penelusuran yang dilakukan di luar negeri.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menulis dalam Bahasa Inggris

Beberapa hal ini perlu diperhatikan saat menulis dalam bahasa Inggris. Alasannya adalah karena beda diksi, beda juga maknanya, seperti di bahasa Indonesia.

  • Jenis bahasa Inggis (British/American)
  • Tenses
  • Vocabulary
  • Idiom
  • Proverb

Jenis bahasa Inggris perlu diperhatikan karena ada perbedaan antara British dan American. Contohnya British english menggunakan burnt, sementara American english memakai burned.

Tenses jelas hal mutlak untuk dipelajari dan diterapkan saat menulis dalam bahasa Inggris. Kesalahan dalam tenses dapat menyebabkan kerancuan, misalnya dalam keterangan waktunya.

Jangan lupa untuk menambah vocabulary, dan pengetahuan tentang idiom dan proverb agar tulisan kita lebih berwarna dan tidak membosankan.

Bagaimana Cara agar bisa Mahir Menulis dalam Bahasa Inggris?

Pada dasarnya, cara agar bisa mahir menulis dalam Bahasa Inggris itu tidak jauh berbeda dengan cara agar jago menulis dalam Bahasa Indonesia. Yaitu:

a. Rajin Membaca Referensi dalam Bahasa Inggris

Seorang penulis yang baik juga merupakan pembaca yang baik. Sebelum menulis dengan bahasa Inggris, biasakan untuk membaca referensi dalam bahasa Inggris agar vocabulary kita bertambah, sehingga makin banyak pilihan diksi yang bisa dipakai.

Untuk awal, tidak harus membaca cepat seperti kita membaca referensi dalam bahasa Indonesia. Baca saja secara perlahan, yang penting kita paham akan maksud dari teksnya.

Tidak harus berat seperti membaca jurnal ilmiah. Referensi seperti media massa atau blog orang lain yang tulisannya ringan bsa jadi pilihan.

b. Menyediakan Kamus Bahasa Inggris atau Alat Penerjemah

Kalau ada kata yang tidak dimengerti, tidak ada salahnya untuk membuka kamus yang berisi terjemahan atau mengandalkan alat penerjemah seperti Google translate. Meski demikian, jangan terlalu mengandalkan alat penerjemah tersebut karena translasi tidak sekedar menerjemahkan secara harfiah, tetapi konteks secara keseluruhan.

Saat menulis dalam bahasa Indonesia, apalagi bahasanya harus baku, maka kita butuh KBBI. Sementara, ketika kita menulis dalam bahasa Inggris, kita perlu kamus bahasa Inggris atau alat penerjemah untuk mengetahui kata/konteks yang tidak kita pahami.

Tidak perlu malu kalau tidak tahu arti dari sebuah diksi. Yang penting adalah begitu kita tidak tahu, segera kita cari dan pelajari diski yang tidak kita pahami.

c. Tidak Melewatkan Proses Penyuntingan

Menulis dengan bahasa Inggris juga harus melewati proses penyuntingan. Hal ini tidak sekedar untuk mengecek typo saja, tetapi juga tenses dan diksi.

Beberapa alat ini bisa jadi alat yang bagus untuk proses penyuntingan:

  • Grammarly
  • Google docs

Selain memakai alat, kita bisa meminta teman/kenalan kita yang merupakan native speaker untuk membaca dan menyunting tulisan (menjadi editor) kita. Hal tersebut akan lebih membantu karena native speaker punya insight lebih mendalam daripada orang biasa.

d. Latihan Menulis secara Konsisten

Seperti atlet yang ingin menambah performanya. Begitu juga penulis yang ingin jago menulis dalam bahasa Inggris, maka ia harus latihan dengan konsisten.

Latihan di sini sudah termasuk:

Kalau menulis blog yang panjang dirasa berat untuk konsisten, maka beberapa tulisan pendek ini bisa dibuat agar kamu lebih enjoy:

e. Jangan Pernah Lelah untuk Belajar

Memahami bahasa yang tidak kita kuasai pastinya menantang. Karena itulah, kemauan untuk belajar menjadi kuncinya.

Untuk bisa mahir menulis dalam bahasa Inggris, kita harus terus belajar.

Membuat kesalahan itu wajar. Kalau tidak pernah membuat kesalahan, berarti tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.

Abaikan beberapa hal berikut ini saat mulai belajar atau latihan menulis dalam bahasa Inggris:

  • Cemoohan orang-orang, apalagi yang punya mentalitas kepiting
  • Rasa takut salah
  • Bisikan diri sendiri tentang hal yang negatif (mental block)

Siap Menulis dalam Bahasa Inggris?

Menulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu skill dalam hidup yang sebaiknya dimiliki setiap orang karena banyak sekali manfaatnya.

Di balik manfaatnya, perlu perjuangan agar kita bisa menguasai kemampuan tersebut. Misalnya rajin membaca referensi bahasa Inggris dan konsisten menulis dengan bahasa tersebut.

Yuk mulai menulis dalam bahasa Inggris! Jangan mental block duluan seperti adanya bisikan “aku tidak bisa melakukannya” di dalam pikiran.

Referensi:

https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/5-cara-ampuh-belajar-menulis-dalam-bahasa-inggris/

https://www.britishcouncilfoundation.id/en/english/articles/british-and-american-english

https://ielts.idp.com/prepare/article-5-things-you-can-do-with-your-ielts-results

Top 20 Countries with Highest CPC Rates in Google Adsense 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *