Ekonomi dan KeuanganLomba

Passive Income dengan Aman, Nyaman, dan Cuan lewat EBA Ritel

Gambar 1. Surat Berharga (sumber: pixabay.com)

Passive income adalah jenis penghasilan yang harus kamu miliki karena tidak selamanya kamu bekerja untuk mendapatkan uang (active income). Investasi dan mendapatkan passive income adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk menggapai kemerdekaan finansial.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income mulai dari dividen, royalti karya, rental income, dll. Tapi, pernahkah kamu mendengar tentang EBA ritel?

EBA ritel adalah cara mendapatkan passive income dengan aman, nyaman, dan cuan. Yuk berkenalan dengan EBA Ritel!

Apa Itu EBA Ritel?

Dikutip dari SMF Indonesia, EBA (efek berangun aset) ritel adalah efek atau surat utang yang memiliki underlying dan diperdagangkan kepada investor ritel.

Dilansir dari situs Kemenkeu, EBA adalah surat berharga yang terdiri dari sekumpulan aset keuangan, yaitu tagihan. EBA memiliki berbagai bentuk, contohnya adalah surat berharga yang merupakan gabungan dari KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dan termasuk salah satu jenis instrumen investasi.

EBA di SMF awalnya hanya diterbitkan kepada institusi (dimulai pada tahun 2009), kemudian pada tahun 2018, SMF mulai menjual EBA ke investor ritel.

Keuntungan Berinvestasi di EBA Ritel

Bukan tanpa alasan penulis mengatakan bahwa EBA ritel merupakan cara mendapatkan passive income dengan aman, nyaman, dan cuan. Berikut keuntungan berinvestasi di EBA ritel.

a. Bunga per Tahun Sebesar 8,75% (di Atas Deposito)

Gambar 2. Passive Income dengan Capital Gain (sumber: pixabay.com)

Untuk orang dengan profil risiko risk adverse, investasi seperti deposito, reksadana pasar uang, obligasi, atau EBA ritel bisa menjadi pilihan yang cocok.

Kabar baiknya, EBA ritel memiliki bunga sebesar 8,75% per tahun. Itu berarti andai kamu berinvestasi sebesar seratus juta rupiah, maka dalam setahun kamu akan mendapatkan 8,75 juta rupiah.

Berikut simulasinya dengan kalkulator di situs SMF Indonesia

Gambar 3. Simulasi Investasi dengan Reinvestasi Pokok dan Bunga EBA

Gambar 4. Simulasi Investasi dengan Reinvestasi Pokok EBA

Gambar 5. Simulasi Investasi jika Metodenya adalah Lump Sum

Dari simulasi ini, kamu bisa menjadi investor yang melakukan reinvestasi, tetapi tidak masalah jika menjadi investor lump sum (beli dan tinggalkan).

b. Mendapat Rating AAA dari Pefindo

Gambar 6. Keamanan (sumber: pixabay.com)

Salah satu risiko berinvestasi di surat utang adalah kasus gagal bayar. Karena itu, kamu perlu memperhatikan seberapa aman aset yang akan kamu beli dalam berinvestasi. EBA merupakan salah satu pilihan teraman karena sudah mendapatkan rating AAA oleh Pefindo.

Dikutip dari Cerdasco, AAA adalah rating tertinggi dalam keamanan. Dengan kata lain, aset investasi dengan peringkat AAA memiliki peluang terkecil untuk terjadi peristiwa gagal bayar.

Sudah pasti kamu akan menaruh modalmu di tempat yang paling aman bukan? Sangat sulit untuk mendapatkan uang, karena itu, kamu harus memastikan keamanan suatu instrument investasi terlebih dahulu.

c. Harga Terjangkau

Gambar 7. Harga Terjangkau, Jadi Masih bisa Belanja (sumber: pixabay.com)

Kamu tidak perlu capek-capek mengumpulkan uang hingga milyaran untuk investasi seperti properti. Investasi EBA hanya memerlukan uang minimal seratus ribu rupiah saja.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir soal setoran minimal seperti saham dimana minimal kamu harus membeli 1 lot (100 lembar), sementara ada harga saham yang lebih dari 10000 rupiah per lembarnya.

d. Membantu Orang Lain untuk Memiliki Rumah dan Melestarikan Lingkungan

Gambar 8. Memiliki Rumah adalah Sebuah Impian

Dikutip dari Swa, berinvestasi di EBA ritel sama dengan membantu gerakan sustainable living untuk melestarikan lingkungandan kepemilikan rumah.

Kamu mendapatkan passive income lewat bunga, sementara itu masyarakat berhasil memiliki rumah, dan lingkungan menjadi lestari. Simbiosis mutualisme (win-win solution) yang luar biasa bukan?

Ayo Berinvestasi di EBA Ritel!

Gambar 9. Akun Instagram Inveseries

Dengan keuntungan dan keamanan yang ditawarkan oleh EBA ritel, sudah sewajarnya jika kamu ikut berinvestasi di instrument ini. Lakukan analisa menyeluruh tentang risk and reward, lalu berinvestasilah!

Ingat bahwa dengan berinvestasi di EBA ritel, selain mendapatkan passive income dengan aman, nyaman, dan cuan, kamu juga ikut membantu masyarakat untuk memiliki rumah serta melestarikan lingkungan.

Jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram @inveseries dan @ptsmfpersero untuk investasi EBA ritel dan edukasi keuangan yang bermanfaat untukmu!

Sumber:

  1. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pematangsiantar/baca-artikel/14738/Efek-Beragun-Aset-EBA-Ritel.html
  2. https://www.smf-indonesia.co.id/eba-ritel
  3. https://cerdasco.com/peringkat-kredit-aaa/
  4. https://swa.co.id/swa/capital-market/eba-ritel-kian-diminati-investor-muda

Author

One thought on “Passive Income dengan Aman, Nyaman, dan Cuan lewat EBA Ritel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *