Digital MarketingKepenulisan

Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting/Publish Artikel Blog?

Di dunia media sosial dan e-mail marketing, ada waktu yang tepat untuk mengirim suatu post. Nah, bagaimana dengan artikel blog? Kapan waktu yang tepat untuk posting artikel di blog kita?

Pertanyaan tersebut akan penulis jawab di artikel ini. Stay tune!

Mengapa Momen Posting itu Penting?

Momen posting cukup krusial jika kita membicarakan artikel atau tulisan yang bersifat ngetren, seasonalatau breaking news seperti berita. Situs berita wajib punya technical SEO yang bagus karena delay sedikit saja akan menghilangkan momen, apalagi jika beritanya panas dan bersifat hard news.

Namun, untuk konten evergreen, tidak masalah untuk posting kapan pun, apalagi jika situsmu cukup lama untuk terindeks di Google. Kecuali, jika kamu punya “kolam” sendiri seperti media sosial/newsletter.

Waktu Terbaik untuk Posting/Publish Artikel Blog

Sepengalaman penulis dan riset yang dilakukan, tidak ada waktu terbaik atau tidak ada waktu yang absolut paling tepat untuk posting/publish artikel blog. Setiap blog punya best timing yang berbeda-beda.

Jika technical SEO situsnya buruk, maka kita perlu mempertimbangkan delay dari Google melakukan crawling sampai ranking. Lagipula tidak ada jaminan artikel/blog kita untuk langsung ranking di Google SERP, apalagi masuk Google SGE.

Namun, jika kamu menyebarkan artikel blognya sebagai newsletter atau media sosial, maka kita bisa melakukan A/B testing.

Beberapa variabel yang bisa dites adalah:

  • Waktu/jam posting
  • Hari posting

Dari variabel tersebut, kita bisa melihat data berikut ini untuk melihat kapan waktu yang tepat untuk posting/publish artikel blog

  • Page view
  • Engagement time
  • Melakukan suatu hal yang kita inginkan, misalnya klik call to action
  • Scroll depth

Jika kamu menjadikan artikel blog sebagai newsletter, maka cek berapa open rate dan click rate-nya jika kita mengirim newsletter-nya pada jam/hari tertentu.

Namun, kalau artikel blog yang kamu buat bersifat seasonal atau riding the trend, maka segera posting/publish saja sebelum trennya mendingin.

Selain Momen Posting, Perhatikan juga Kualitasnya

Ketika menulis artikel blog yang bersifat evergreen, bawa santai saja. Mau kapan pun waktu posting-nya, akan tetap pas, apalagi kalau technical SEO-nya tidak bagus-bagus amat. Berbeda dengan artikel blog yang bersifat seasonal atau berita yang bersifat hard news/breaking news yang perlu secepatnya untuk dipublikasikan.

Jangan terlalu terpaku pada kapan harus posting/publish artikel blog. Cek juga bagaimana kualitas artikel kita agar bisa dinikmati audiens dan tujuan artikel kita tercapai.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *