Content WritingWebsite

Apakah Bergabung dengan Komunitas Blogger Itu Worth It?

Sebagai blogger, kita tentunya tidak bisa beraktivitas sendirian. Off-page SEO saja mengharuskan kita agar sharing dan membuat situs kita terkenal di luar. Tidak hanya bagus di dalam saja. Nah, salah satu cara yang cukup ampuh adalah bergabung dengan komunitas blogger.

Apakah bergabung dengan komunitas blogger itu worth it?

Apa itu Komunitas Blogger?

Komunitas blogger adalah komunitas yang terdiri dari berbagai blogger. Biasanya, komunitas blogger ini punya niche yang sesuai dengan komunitasnya. Contohnya:

  • Blogger Perempuan Network, komunitas blogger perempuan
  • Kopaja71 (Kompasianer Jakarta)

Meski demikian, ada juga komunitas blogger umum, contohnya ada di Facebook. Grup belajar blogger juga ada di WhatsApp loh!

Contoh Komunitas Blogger di Indonesia

Sejauh yang penulis tahu, ini beberapa contoh komunitas blogger:

  • Blogger Perempuan Network
  • Bloggerhub
  • Blogger Jakarta
  • Bloggercrony
  • Blogger FLP
  • Blogger Indonesia

Ada yang sudah tidak aktif. Ada juga yang masih aktif.

Penulis artikel ini sering bekerja sama dengan Blogger Perempuan Network untuk aktivitas off-page SEO.

Manfaat Bergabung dengan Komunitas Blogger

a. Belajar dari Blogger Lain

Dengan bergabung bersama komunitas blogger, kita akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari blogger lain. Baik itu dari blogger yang lebih senior atau pun yang lebih junior.

Pembelajarannya ada banyak sekali. Tidak hanya soal menulis saja, tetapi bagaimana mereka me-maintain, menaikkan reputasi, dan mengoptimasi blog mereka. Belum lagi belajar dari kesalahan-kesalahan mereka di masa lampau.

Belajar dari pengalaman itu tidak kalah penting dengan belajar dari teori saja.

b. Sarana Networking Sesama Blogger

Blogger sekalipun tidak akan bisa blogging sendirian. Pastinya kita butuh networking sesama blogger, apalagi yang masih dalam satu niche.

Keep your friends close and your enemies closer. Kita menjadikan blogger satu niche sebagai kompetitor untuk bersaing secara sehat, serta malah bisa jadi “aliansi” yang bagus.

c. Mempermudah Link Building

Ini sebenarnya lanjutan dari poin B. Selain networking, dengan bergabung bersama komunitas blogger, kita jadi punya kesempatan untuk melakukan link building. Bisa dengan outreach, blogwalking, link exchange, atau pun aktivitas link building lainnya.

d. Peluang Monetisasi Blog lebih Besar

Karena blog kita semakin terkenal akibat bergabung dengan komunitas blogger, peluang monetisasi blog juga makin besar. Kita juga bisa mengetahui cara monetisasi blog selain lewat Adsense dari blogger-blogger lainnya.

e. Mendapatkan Ide Konten

Dari diskusi atau blogger di komunitas, kita bisa dapat ide konten loh. Kita bisa melakukan content gap analysis untuk melakukannya.

f. Mengasah Kemampuan Blogging

Terakhir, kita bisa menjadikan blogger yang lebih baik dari kita sebagai benchmark. Benchmark ini berguna bagi kita agar terus termotivasi untuk mengasah kemampuan blogging. Seperti menulis, menginstal plugin yang benar, serta belajar SEO.

g. Informasi Lomba Blog lebih Mudah Didapatkan

Tambahan. Jika kamu senang mengikuti lomba blog, maka komunitas blogger adalah komunitas yang tepat untuk mencari informasi tersebut.

Bahkan, tidak jarang komunitas blogger mengadakan lomba blog untuk komunitas mereka sendiri. Contohnya adalah Blogger Perempuan Network dan Blogger Crony.

Risiko Bergabung dengan Komunitas Blogger

a. Terpengaruh Ilmu yang Salah

Bergabung dengan komunitas, berarti kita bisa terpegaruh dengan lingkungannya.

Tidak semua ajaran di komunitas benar. Contohnya, ada blogger yang terbiasa memakai black hat SEO, tetapi tidak sadar bahawa hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Jika kita lugu dan menelan mentah-mentah ilmu tersebut, maka blog kita bisa jadi korbannya.

b. Bom Klik

Tidak semua orang itu punya niat baik. Ada juga yang berniat jahat seperti menghancurkan blog orang lain lewat bom klik agar monetisasi Adsense-nya di-ban.

Saran penulis, lebih baik posting blog di komunitas blogger yang tersegmentasi niche-nya. Jika terlalu umum, akan ada peluang terjadinya bom klik.

c. Jingling

Yap, ini juga termasuk risiko di mana ada traffic berupa bot (bukan manusia) yang datang ke situsmu. Hal ini dapat menyebabkan Adsense blog kita ditangguhkan.

Aktivitas di dalam Komunitas Blogger

Ciri-ciri komunitas blogger yang baik adalah adanya aktivitas di dalam komunitasnya.

Berikut beberapa aktivitas dalam komunitas blogger.

a. Lomba

Ada lomba yang biasanya diadakan sebagai aktivitas yang diadakan oleh komunitas blogger.

Lomba ini bisa terbuka untuk umum dan bisa juga terbuka untuk internal komunitas saja.

Tentunya hal ini adalah kegiatan yang menarik karena bisa meningkatkan personal branding dan peluang mendapatkan hadiah.

b. Challenge

Ada juga kegiatan semacam challenge dalam komunitas blogger. Contohnya adalah menulis artikel minimal 1 per hari selama bulan tertentu. Bagi yang berhasil akan mendapatkan hadiah menarik juga.

c. Kumpul Online/Offline

Sepenglihatan penulis, ada juga komunitas blogger yang mengadakan kumpul online, bahkan offline loh. Jadi, sesama blogger tidak hanya kenal di dunia maya saja!

d. Belajar Bersama

Penulis juga pernah melihat komunitas blogger mengadakan webinar khusus untuk blogger tentang ilmu di luar blogging, contohnya adalah webinar tentang data analis.

e. Link Building

Tidak jarang, ada kegiatan di komunitas blogger berupa link building. Contohnya adalah saling blogwalking atau tukeran backlink.

Cara Bergabung dengan Komunitas Blogger

Cara bergabung dengan komunitas blogger adalah dengan menghubungi adminnya. Biasanya kamu akan ditanya-tanya secara singkat, kemudian bisa bergabung.

Ada juga komunitas blogger yang terbuka untuk semua blogger, jadi tidak ribet jika ingin bergabung.

Jadi, Apakah Kamu Tertarik untuk Bergabung dengan Komunitas Blogger?

Bergabung dengan komunitas apa pun punya banyak manfaatnya, termasuk bergabung dengan komunitas blogger (bukan vlogger ya, tapi blogger)

Penulis sendiri bergabung dengan komunitas blogger di WhatsApp dan Facebook untuk belajar banyak hal dari para blogger senior.

Kalau kamu? Apakah tertarik untuk bergabung dengan komunitas blogger?

Tentunya kalau kamu ingin bergabung dengan komunitas blogger, sebaiknya punya blog dulu. Kalau kamu sedang ingin bikin blog, ayo klik tautan ini!

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *