Digital Marketing

People Also Ask – Jawab dengan Tepat untuk Meningkatkan Traffic!

Saat kita googling tentang suatu kueri dan browsing sedikit ke bawah di SERP, kita bisa melihat adanya kotak bernama “people also ask” atau “orang lain juga bertanya” dalam bahasa Indonesia.

Sebenarnya, tidak hanya user saja yang diuntungkan dengan kotak tersebut. Seorang digital marketer/SEO specialist juga bisa memanfaatkannya loh!

Berikut hal yang perlu kamu ketahui tentang people also ask/orang lain juga bertanya!

Apa Itu People Also Ask?

People also ask (PAA) adalah fitur dari Google SERP yang menyediakan pertanyaan yang berhubungan dengan kueri penelusuran yang mereka ketik dan menjawab pertanyaan tersebut. Setelah melihat PAA dan browsing lebih bawah lagi, kita bisa menemukan fitur related searches.

Fitur ini mengandung featured snippet berupa jawaban dari pertanyaannya dan jawaban yang masuk people also ask tersebut berasal dari situs yang menjawab kuerinya.

Dalam bahasa Indonesia, people also ask diterjemahkan di Google menjadi “orang lain juga bertanya”.

Manfaat People Also Ask

Terdapat manfaat people also ask, yaitu bagi user dan SEO specialist/digital marketer.

1. Manfaat People Also Ask bagi User

a. Mendapatkan Jawaban dengan Cepat

Lewat people also ask, kita bisa mendapatkan jawaban dengan sangat cepat tanpa perlu mengetik kueri lagi di Google penelusuran atau dengan kata lain tidak usah googling lagi lebih lanjut.

Mendapatkan jawaban dengan cepat itu sangat esensial bagi orang yang pekerjaannya sering memakai Google seperti jurnalis, content writer dan SEO specialist.

b. Ilmu Baru

Karena setiap mengklik pertanyaan pada people also ask, akan muncul lagi kolom yang baru, maka kita sebagai user akan mendapatkan ilmu baru dan punya perspektif yang lebih luas. Bahkan untuk pertanyaan yang mungkin tidak terpikirkan untuk ditanyakan.

c. Jawaban dari Berbagai Sudut Pandang

Dengan banyaknya jawaban dari people also ask, kita tidak hanya melihat jawaban dari satu sisi saja, bahkan lebih dari itu.

2. Manfaat People Also Ask bagi SEO Specialist/Digital Marketer

a. Ide Konten

Dari pertanyaan yang ada di people also ask, hal tersebut bisa jadi ide konten untuk dibahas, bahkan bisa jadi penentu dari seed keyword atau pun pilar suatu konten loh.

b. Membuat Outline

Bingung saat membuat outline untuk penulis? People also ask bisa membantu. Jadikan pertanyaan pada fitur tersebut sebagai heading 2 atau pun heading 3.

c. Meningkatkan Traffic

Jika situs kita masuk pada people also ask, maka akan banyak potensi traffic yang masuk ke situs kita. Hal ini mirip dengan masuk featured snippet alias rank 0.

d. Benchmark dengan Kompetitor

Jika kompetitor kita masuk ke people also ask, maka kita bisa melihat bagaimana mereka menjawab pertanyaan yang ada pada fitur tersebut. Setelah itu, kita bisa membuat konten yang mirip dan menjawab pertanyaan dengan jauh lebih jelas, baik, dan komprehensif.

Bagaimana Cara agar Situs kita Masuk People Also Ask?

a. Dimulai dengan Googling

Pertama, kita harus googling dulu dengan kueri yang kita targetkan. Dari people also ask, terlihat apa saja pertanyaan yang berkaitan dengan kueri yang kita ketik.

Bisa jadi dari kotak tersebut, ada pain point yang belum kita sadari.

b. Analisa SERP dan People Also Ask

Dari kueri penelusuran, bagaimana isi SERP dan people also ask-nya? Pertanyaan apa saja yang masuk pada PAA? Lalu, bagaimana kompetitor menjawab pertanyaan pada “orang lain juga bertanya”?

Analisalah berbagai hal tersebut untuk menyusun konten yang layak masuk ke dalam people also ask.

c. Hitung Peluang

Jika rank rata-rata kita sudah bagus, itu merupakan tanda kalau Google percaya situs kita. Nah, semakin bagus rank rata-rata, semakin tinggi juga peluang untuk masuk people also ask.

Eh, tapi jangan sedih dulu untuk pemilik situs baru. Tetap lakukan optimasi on-page, technicaldan off-page hingga suatu saat layak untuk masuk kotak “orang lain juga bertanya”.

d. Buat Konten Berkualitas yang Menjawab Search Query/Intent

Terakhir, buatlah konten berkualitas yang menjawab kueri dan intent dari user.

Beberapa tipsnya adalah:

  • Jadikan pertanyaan di PAA sebagai H2, H3, dst.
  • Jangan menjawab pertanyaan terlalu singkat atau kurang jelas seperti thin content
  • Langsung menjawab dengan jelas dan padat, bahkan ada perspektif baru
  • Sunting dan pastikan bahwa jawaban yang diberikan bersifat faktual

e. Pastikan Situs sudah SEO-Friendly

Nah, konten sudah dibuat, waktunya cek berbagai aspek dari situs. Kalau jawaban atas pertanyaan di PAA bersifat benar/fakta, tetapi situsnya tidak SEO-friendly, maka kita akan sulit bersaing dengan kompetitor.

Peluang untuk masuk people also ask semakin besar jika seluruh pilar SEO (on-page, technical, off-page) berjalan dengan baik.

Menjawab Pertanyaan User bukan hanya untuk SEO Semata!

Ingat bahwa pada dasarnya mesin pencari digunakan untuk mencari jawaban. Jadi, memanfaatkan fitur people also ask termasuk hal yang esensial dalam SEO.

Menjawab pertanyaan di PAA dengan benar tidak hanya sekedar bermanfaat untuk meningkatkan traffic, tetapi juga menambah kepercayaan user di dunia digital.

Yuk jawab pertanyaan user kita seperti layaknya sesi Q&A-nya influenceri!

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *