SEO

Apakah Membeli Artikel SEO Siap Pakai adalah Ide yang Bagus?

Dengan kebutuhan SEO dan marketing, produksi artikel yang dibutuhkan semakin banyak. Karena pain point tersebut, ada jasa yang lahir seperti jasa penulis artikel. Mereka biasa menyediakan artikel SEO siap pakai atau jasa penulisan manual. Di artikel ini, akan dibahas soal membeli artikel SEO siap pakai.

Apa yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli artikel SEO siap pakai?

Kelebihan Membeli Artikel SEO Siap Pakai

Kalau menurut penulis, kelebihan membeli artikel SEO siap pakai adalah banyak waktu yang kita hemat karena artikelnya sudah siap dipublikasikan meski masih perlu ada beberapa revisi agar tone of voice-nya sesuai.

Kekurangan Membeli Artikel SEO Siap Pakai

Meski bisa menghemat waktu, ada kekurangan dari membeli artikel SEO siap pakai seperti banyak yang perlu kita pertimbangkan sebelum membelinya. Jadi, kita menghabiskan waktu kita untuk audit dari artikel siap pakai ini. Pembahasannya di bagian selanjutnya.

Apa yang Perlu Kamu Perhatikan sebelum Membeli Artikel SEO Siap Pakai?

a. Level Plagiarisme

Bagaimana level plagiarisme dari artikel SEO siap pakai? Apakah terlalu tinggi atau malah 100%? Meski biasanya penyedia mengklaim kalau artikel siap pakai dari mereka sudah diperiksa alat pendeteksi plagiarisme seperti copyscape, tidak ada salahnya bagi kita untuk melakukan audit mandiri. Bisa saja plagiat 100% karena pernah ada yang membeli artikelnya.

b. Reputasi dari Penyedia Artikel SEO Siap Pakai

Reptasi dari penyedia artikel SEO siap pakai juga perlu diperhatikan. Kalau reputasinya buruk, sebaiknya jangan membeli artikel di mereka. Lebih baik cari penyedia yang sudah jelas kredibilitasnya. Better safe than sorry.

c. Bagaimana Artikel SEO Siap Pakai sesudah Dipesan?

Bagian ini perlu ditanyakan kepada penyedianya. Bagaimana nasib artikel yang sudah kita pesan? Apakah bisa dipakai atau dibeli lagi oleh orang lain? Jika masih bisa dibeli orang lain, ada kemungkinan kita atau pembeli lain tidak sengaja melakukan plagiat atau konten duplikat. Jadi, jangan lupa tanya kebijakan soal artikel yang sudah dipesan.

Green flag-nya adalah artikel SEO siap pakai yang telah dipesan, tidak akan bisa dijual lagi ke orang lain.

d. Proses Pembuatan Artikelnya

Penyedia artikel SEO siap pakai bisa saja mengklaim kalau artikelnya buatan manusia. Namun, tidak ada bukti konkrit karena biasanya artikel mereka itu ditulis oleh ghost writer atau penulis anonim. Bisa saja ternyata artikelnya buatan AI.

Untuk jaga-jaga, kita bisa memakai alat pendeteksi tulisan AI. Namun, kalau ternyata tinggi, jangan langsung marah. Coba tanyakan dulu kepada penyedianya.

e. Tujuan dari Bisnismu

Kebanyakan artikel SEO siap pakai yang dijual itu menarget TOFU atau top of the funnel pada marketing funnel. Bisa dibilang, search intent-nya bersifat informational.

Kalau tujuanmu adalah leads atau convertion, jangan membeli artikel yang menarget audiens di TOFU. Justru, cari yang menarget audiens MOFU (middle of the funnel) atau modifikasi agar bisa menarget ke audiens BOFU (bottof of the funnel).

f. Paketan/Satuan

Penyedia artikel SEO siap pakai biasanya menjual secara paketan atau satuan dalam marketing mereka. Saat membeli paketan, pastikan kamu memeriksa keseluruhan isinya. Jangan sampai menyesal saat sudah terlanjur beli paketan, ternyata ada artikel yang sudah pernah ada di situs kita, sehingga terjadi kanibal atau duplikat.

g. Harga

Terakhir, perhatikan harga yang diberikan oleh penyedia artikel SEO siap pakainya. Harga yang terlalu murah juga tidak bagus karena itu berarti, penulisnya dibayar murah. Penulis yang bayarannya kecil tidak akan mau membuat artikel yang bagus karena upahnya tidak layak, motivasi juga terjun. You pay peanuts, you get monkeys.

Kalau melihat artikel yang mahal, namun berkualitas, tidak ada salahnya untuk membelinya.

Membeli Artikel SEO Siap Pakai? Jangan Asal Beli!

Sama seperti ketika kita membeli apa pun, termasuk membeli artikel SEO siap pakai. Jangan langsung beli, justru kita harus riset dan audit dulu agar tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

Membeli artikel SEO siap pakai memang sangat menghemat waktu kita dalam optimasi SEO. Namun, jangan lupa bahwa banyak yang perlu dipertimbangkan ya. Justru, kalau kita berhasil melakukan audit yang benar pada artikel SEO siap pakainya, ide membeli artikel SEO siap pakai adalah sebuah ide yang brilian. Namun, akan jadi ide buruk kalau kamu hanya sekedar beli tanpa pertimbangan apa pun.

Happy optimizing!

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *