Kepenulisan

7 Perbedaan Artikel dan Berita

Meski biasanya kita baca dalam bentuk tulisan, perbedaan artikel dan berita itu sebenarnya ada loh. Kalau dibaca baik-baik, akan terlihat perbedaannya.

Nah, jadi apa saja perbedaan artikel dan berita?

1. Tujuan

Tujuan berita adalah menyampaikan suatu peristiwa/informasi terkini secara objektif untuk masyarakat. Sementara itu, tujuan dari artikel ada berbagai macam, seperti:

  • Mengedukasi pembaca
  • Berjualan
  • Beropini tentang suatu hal

2. Gaya Penulisan

Gaya penulisan berita biasanya lebih kaku dan satu arah karena fokusnya adalah menyampaikan informasi. Jadi, jangan heran kalau tidak ada sapaan atau bentuk interaksi dengan pembaca saat membaca berita.

Sementara itu, untuk artikel, banyak sekali gaya penulisan yang bisa dipakai, tergantung dari branding dan tujuan dari artikelnya. Gaya penulisan naratif atau deskriptif menjadi teknik yang umum digunakan dalam penulisan artikel.

3. Referensi

Memang betul terkadang sekarang berita ada yang mengambil referensi dari media sosial. Namun, salah satu karakteristik dari artikel berita adalah referensinya berasal dari wawancara tokoh atau investigasi mendalam. Bukan sekedar googling saja.

Untuk artikel, biasanya referensi yang digunakan adalah media digital seperti situs di internet atau jurnal yang bisa diakses lewat Google scholar.

4. Penulis

Penulis berita biasanya adalah jurnalis atau tim redaksi dari perusahaan beritanya. Sementara, penulis artikel terbuka dari berbagai kalangan, terlepas apa pun latar belakangnya.

5. Fakta dan Opini

Berita berfokus pada fakta dan tidak ada opini (apalagi yang bias) dari penulisnya. Sementara itu, dalam artikel biasanya ada pandangan pribadi/opini dari penulis.

6. Struktur

Struktur dari berita biasanya menggunakan inverted pyramid di mana informasi terpenting yang harus diketahui pembaca diberikan terlebih dahulu, sementara informasi trivial berada di paling belakang. Lalu, ada juga aturan 5W1H yang harus dipenuhi.

Sementara itu, struktur artikel sederhana lebih bebas meski standarnya adalah judul-pembuka-isi-penutup. Lalu, tidak semua 5W1H harus terpenuhi di artikel.

7. Waktu Penulisan

Karena berita ada yang cepat “basi”, butuh kecepatan dalam penulisan dan publikasinya. Biasanya berita ini termasuk kategori hard news seperti breaking news berita yang efeknya bersakla nasional atau internasional. Salah satu harga dari berita adalah waktu update-nya. Kalau sering beli koran dulu, pasti harga koran yang jadul sehari saja sudah turun banyak.

Kalau waktu penulisan artikel? Bebas saja, apalagi kalau topik yang dibahas bersifat evergreen.

Artikel dan Berita punya Karakteristik Masing-Masing

Meski artikel dan berita sama-sama dalam bentuk tulisan, keduanya punya karakteristik yang unik. Contohnya adalah berita fokus pada fakta, sementara artikel biasanya punya opini/pandangan pribadi dari penulisnya.

Kalau kamu, lebih suka menulis artikel atau berita?

Happy writing!

Referensi:

Tulisan Artikel dan Tulisan Berita, Sama atau Berbeda!

https://fairgaze.com/fgnews/the-difference-between-article-and-news_193124.html

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *