Digital MarketingKepenulisan

Berbagai Tujuan Artikel – Apa Tujuan Artikelmu?

Setiap artikel yang dibuat pastinya harus punya tujuan loh. Tidak hanya kepada pembaca saja, bahkan bisa untuk diri sendiri. Sebenarnya apa saja tujuan artikel ya?

Yuk kita ketahui berbagai tujuan artikel agar tidak bingung kalau ditanya “apa sih tujuan dari pembuatan artikel ini” oleh teman atau pun bos di dunia kerja.

a. Tujuan Artikel bagi Pembaca

1. Mendapatkan Edukasi

Salah satu media untuk mendapatkan edukasi/belajar orang-orang selain buku dan video adalah artikel.

Artikel ini bisa digunakan untuk mengedukasi orang-orang untuk banyak hal. Contohnya:

  • Cara mencuci baju
  • Alasan di balik marahnya orang tua
  • Komponen utama mobil Toyota
  • Komplikasi pada penyakit metabolik

Sedang ingin belajar, namun tidak suka buku tebal? Cobalah untuk membaca artikel!

2. Hiburan

Hiburan tidak hanya komedi yang biasa kita tonton di YouTube. Artikel seperti berita saja bisa jadi hiburan buat kita. Contohnya adalah artikel tentang kemenangan klub sepak bola favorit kita.

Beberapa orang juga suka membaca artikel tentang idola atau selebriti terkenal. Mereka bahagia, pembaca juga ikut terhibur dan senang.

3. Panduan untuk Membeli Barang Tertentu

Artikel yang dibuat untuk audiens BOFU (bottom of funnel) pada marketing funnel berfungsi sebagai panduan untuk meyakinkan pembaca soal produk/jasa yang mereka beli.

Jadi, tidak hanya sekedar untuk edukasi dan hiburan. Artikel juga jadi panduan bagi pembaca yang sedang mau bertransaksi.

4. Mencari Inspirasi

Lagi cari inspirasi? Seperti saat sedang stres, sehingga butuh teladan/tokoh inspirasional? Tentunya hal ini bisa kita dapatkan dengan membaca artikel.

Inspirasi di sini juga termasuk mendapatkan ide konten.

b. Tujuan Artikel bagi Penulis/Pebisnis

1. Mengedukasi Pembaca

Seiring dengan nomor 1 pada bagian tujuan artikel untuk pembaca.

Tujuan artikel bagi penulis/pebisnis salah satunya adalah mengedukasi pembaca. Bahkan bagi bisnis, hal ini adalah menjelaskan soal produk/jasa yang mereka jual atau menjelaskan tentang suatu masalah yang bisa diselesaikan oleh produk/jasa mereka. Hal ini disebut sebagai content marketing.

Bagian edukasi ini biasanya menargetkan audiens di TOFU (Top of The Funnel) dan MOFU (Middle of The Funnel) pada marketing funnel.

2. Tempat Pertemuan antara Bisnis/Penulis dengan Audiens

Ingin makin banyak audiens yang bertemu denganmu atau bisnismu atau dengan kata lain meningkatkan brand awareness? Maka artikel adalah salah satu dari jawabannya.

Content is king itu ada benarnya karena dengan konten, kita bisa terhubung dengan audiens, terutama yang qualified atau merupakan target pembaca kita.

Untuk media, biasanya artikel dibuat di blog atau media sosial (berupa carousel).

3. Meningkatkan Traffic

Salah satu usaha untuk mendapatkan traffic dari kanal SEO adalah membuat artikel loh. Namun, bukan sekedar kuantitas saja, tetapi juga artikel berkualitas.

Kalau ingin traffic meningkat, maka buatlah artikel yang sesuai dengan kaidah penulisan SEO seperti penerapan meta tag (title tag, header tag, meta descriptiondll.).

4. Menghasilkan Leads/Prospek

Selain tempat audiens mengenal bisnis/penulis. Artikel juga bertujuan untuk leads/prospek yang sesuai dengan target perusahaan.

Biasanya, pada artikel akan ada pop up banner atau lead magnet atau call to action yang menggunakan formula copywriting agar pembaca berubah menjadi leads/prospek.

5. Memperkuat Branding

Cara penyampaian dalam artikel menjadi cara branding loh, jangan salah! Misalnya, ada brand atau penulis yang cukup keras penyampaiannya terhadap audiens. Ada juga yang lebih bernada netral terhadap suatu isu.

Artikel ini bisa memperkuat branding kita. Karena itu, penting untuk konsisten dalam artikel, baik itu dari gaya penulisan, niche yang dibahas, dll.

6. Latihan Menulis

Khusus penulis, artikel merupakan bentuk dari latihan menulis yang paling mudah.

Jadi, kalau sedang mau latihan menulis, cobalah untuk membuat artikel dalam jumlah kata tertentu secara konsisten setiap hari/minggunya.

Terakhir, jangan lupa evaluasi performa artikel yang dibuat.

Fun fact: latihan menulis itu tidak sekedar “latihan menulis”, tetapi juga latihan berpikir secara sistematis.

7. Memberikan Opini Terhadap suatu Hal

Sedang punya pandangan dalam suatu hal? Kamu bisa tuangkan dalam bentuk artikel karena media ini bertujuan sebagai wadah opini.

8. Penghasilan Pasif

Untuk blogger, artikel adalah sarana mendapatkan penghasilan pasif seperti dari Google Adsense, Adsterra, MGID, serta menjual artikel siap pakai.

Apa Tujuan dari Artikel yang Kamu Buat?

Tujuan artikel itu mengarah kepada dua persona, yaitu pembaca dan penulisnya.

Sebelum membuat artikel, mari tentukan dulu tujuannya. Apakah mengedukasi, mendatangkan prospek, menginspirasi, atau tujuan lain. Berbeda dengan tujuan berita yang adalah memberi tahu peristiwa secara objektif.

Apa pun artikel yang kamu buat, semoga bertujuan untuk kebaikan umat manusia.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *