Digital Marketing

9 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

“Bagaimana ya cara mendapatkan backlink berkualitas? Kapok banget beli backlink dari situs gak jelas dan generate backlink, situsku kena penalti dari Google” Gumam seorang SEO specialist sambil menggaruk kepalanya.

Sebenarnya, cara mendapatkan backlink berkualitas itu tidak harus advertorial di media nasional saja kok. Beberapa cara ini bisa dilakukan agar situs kita bisa dapat backlink berkualitas.

Apa saja caranya? Bukan beli PBN loh ya, hehe.

1. Menulis Blog yang Berkualitas

Cara mendapatkan backlink berkualitas yang paling bisa kita kontrol dan lakukan sendiri adalah menulis blog yang berkualitas, sehingga layak dijadikan referensi bagi banyak orang, termasuk blogger dan institusi.

Blog yang berkualitas adalah blog yang:

Coba baca lagi blog yang kita tulis. Apakah layak dijadikan sebagai referensi bagi orang-orang yang membacanya?

2. Fitur Self Profiling

Membuat fitur self profiling atau lead magnet juga bisa menjadi cara mendapatkan backlink berkualitas, apalagi jika kamu adalah industry leader atau metodenya adalah original berasal darimu sendiri.

Contoh fitur self profiling:

  • Kalkulator IMT
  • Kalkulator KPR
  • Kalkulator compound interest
  • Profil risiko investasi
  • Kalkulator emisi karbon
  • Tes MBTI

Effort untuk membuat self profiling ini lumayan ribet karena kamu harus paham perhitungan dan wajib bisa pemograman. Kalau ada tim engineer, cobalah untuk request fitur self profiling/lead magnet ini ke mereka.

3. Membuat Studi Kasus

Studi kasus yang kita buat sendiri dan belum ada data pembanding bisa jadi referensi yang bagus, sehingga backlink berkualitas bisa berdatangan.

Contohnya, 100 pengguna produkmu berhasil menambah kepercayaan dirinya dalam waktu seminggu. Kamu bisa mencari tahu apa yang mereka lakukan dan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Studi kasus ini juga tidak hanya untuk mendapatkan backlink berkualitas, tetapi juga menambah kepercayaan user terhadap produk/jasamu.

4. Minta Ke Brand yang Pernah Bekerja Sama

Pernah bekerja sama dengan suatu brand? Jika iya, berarti harusnya kamu punya kontak PIC-nya (person in charge).

Kita bisa meminta PIC dari suatu brand untuk menyematkan backlink dari situsnya ke situs kita dan melakukan brand mention, terutama jika ada konten yang relevan.

Sebelum meminta, jangan lupa untuk mengecek kualitas situsnya. Kalau spammy, sebaiknya tinggalkan.

5. Testimoni Brand

Tips ini adalah cara mendapatkan backlink berkualitas yang cukup ampuh karena hal ini merupakan win-win solution bagi kita dan brand.

Kita bisa punya konten untuk dipublikasikan di blog, sementara brand dapat pengiklan/testimoni gratis, sehingga kepercayaan publik bisa meningkat.

Setelah membuat testimoni, jangan lupa untuk minta brand yang kita tulis testimoninya untuk menyematkan backlink ke arah blog yang berisi testimoni brand mereka (brand mention).

6. Menghubungi Klien Influencer yang Puas dengan Produk/Jasamu

Apakah klienmu adalah influencer atau tokoh publik dan punya blog? Kalau iya, jangan sia-siakan kesempatan ini!

Hubungi klien tersebut untuk bekerja sama dengan kita agar bisa dapat backlink berkualitas darinya, tidak hanya sekedar brand mention saja.

Negosiasi akan jauh lebih mudah jika klien tersebut sangat puas dengan produk/jasa yang kita jual.

Kalau perlu, berikan affiliate link kepada klienmu yang merupakan influencer agar dia juga mendapatkan keuntungan karena mempromosikan produk/jasamu.

7. Bikin Tutorial

Blog tutorial bisa jadi cara mendapatkan backlink berkualitas, apalagi kalau tutorialnya unik dan dibutuhkan banyak orang.

Beberapa contoh ide blog tentang tutorial adalah:

  • Cara mendapatkan klien dari situs freelancer
  • Cara membuka tutup botol yang keras
  • Cara menyalakan iPhone
  • Cara melakukan knuckle shot
  • Cara mengganti aki mobil tanpa ke bengkel

8. Menjadi Penyiar Resmi

Cara mendapatkan backlink berkualitas yang satu ini bisa diterapkan untuk situs olahraga atau media. Contohnya, kalau situs kita menyediakan live streaming suatu kompetisi olahraga resmi, dijamin media besar atau situs yang juicy akan memberikan backlink ke situs kita.

Tentunya cara ini perlu reputasi yang baik dan modal karena persaingannya pasti ketat.

9. Jika Nama/Situs/Brand-mu pernah Disebutkan Brand Lain, Mintalah Backlink dari Mereka

Pernahkah nama, situs, atau brand-mu disebut oleh brand lain alias mendapatkan brand mention? Kalau iya, hubungi mereka agar bisa mendapatkan backlink dari mereka. Hal ini akan lebih baik jika yang menyebutkan adalah brand besar.

Contohnya, nama A pernah disebut di blog brand B, maka si A bisa outreach ke brand B untuk menyematkan backlink ke situsnya dengan anchor text namanya sendiri.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas itu Mirip dengan Cara Mendapatkan Klien

Sebenarnya, cara mendapatkan backlink berkualitas bisa dianalogikan dengan cara mendapatkan klien. Persamaannya adalah memiliki reputasi baik bisa bermanfaat.

Kalau punya reputasi baik dan konten berkualitas/orisinal, bukan kita yang outreach backlink kesana kemari, tetapi orang-orang yang akan langsung menyematkan backlink ke situs kita karena layak dijadikan referensi.

Jangan lupa untuk mengenali ciri backlink berkualitas agar tidak salah mengira kalau backlink tersebut ternyata toxic.

Siap mendapatkan backlink berkualitas? Yuk terapkan cara yang ditulis di blog ini!

Sumber:

https://www.searchenginejournal.com/how-to-get-quality-backlinks/460802/#close

https://backlinko.com/high-quality-backlinks

Author

3 thoughts on “9 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *