KepenulisanPengalaman

10 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis – Penulis Wajib Masuk!

Halo semua! Apakah kamu baru saja dapat kritik pedas dari editor? Merasa skill menulis gitu-gitu aja? Atau tulisanmu gagal memenangkan lomba blog? Jika iya, kamu beruntung! Blog ini akan menjelaskan cara meningkatkan kemampuan menulis.

Berikut cara meningkatkan kemampuan menulis agar tidak kalah di lomba blog, dilirik calon employer, lolos review editor, dan mencapai tujuan kita dalam menulis.

1. Rutin Menulis

“Bisa karena biasa” itu adalah prinsip yang harus diterapkan kalau ingin meningkatkan kemampuan menulis.

Untuk awal, cobalah untuk rutin menulis tentang apa saja, bisa rangkuman kegiatan hari ini, masa lalu yang menyenangkan, dll.

Rutin menulis yang dimaksud tidak harus menulis setiap hari. Bisa 2-3 hari sekali tergantung kemampuan dan kesibukanmu. Jangan menulis saat burnout ya! Tentukan juga manajemen waktu untuk latihan menulis.

Pada intinya, cara meningkatkan kemampuan menulis adalah menulis dengan konsisten.

2. Banyak Membaca Referensi

Bagaimana penulis akan menulis jika ia tidak tahu tentang apa yang akan ia tulis?

Untuk meningkatkan skill menulis, kita perlu membaca referensi tulisan yang ingin kita buat. Misalnya, kalau kita ingin menulis di niche kesehatan, maka kita harus rajin membaca sumber-sumber kredibel di niche kesehatan.

Semakin banyak yang kita tahu, maka akan semakin banyak hal yang bisa kita tulis. Writer’s block juga bisa dihindari.

Tambahan, banyak membaca juga bisa meningkatkan kecepatan membaca loh!

3. Belajar Meriset

Dalam menulis, riset adalah bagian yang harus kita lakukan sebelum menulis. Meriset disini bisa dengan wawancara, menggunakan mesin pencari, berdiskusi dengan ahlinya, dll.

Penulis tanpa skill riset yang baik hanya akan menghasilkan sebuah tulisan yang buruk dan tidak faktual.

Periksa apakah tulisan kita sudah faktual atau belum dengan membandingkan beberapa sumber dan bertanya ke ahlinya.

4. Sering Berdiskusi dengan Ahli di Bidangnya

Memakai mesin pencari atau bertanya ke Chat GPT memang terlihat mudah, tetapi biasanya yang dikupas hanya “kulit” dari informasinya saja.

Cobalah untuk berdiskusi dengan ahli di bidangnya. Dengan berdiskusi dengan ahli di bidangnya, kamu bisa mendapatkan insight yang tidak ditemukan di mesin pencari, sehingga tulisanmu bisa lebih berbobot dibanding tulisan orang lain.

5. Menyunting Tulisan Sendiri

Jika ada editor, kita bisa menyerahkan urusan menyunting tulisan kepada mereka. Meski demikian, alangkah baiknya kita belajar menyunting tulisan sendiri sebagai cara meningkatkan kemampuan menulis.

Dengan menyunting tulisan sendiri, kita bisa paham lebih dalam tentang apa saja yang perlu diperbaiki dari tulisan kita. Misalnya:

Memang benar kalau saat ini ada alat untuk menyunting tulisan, tetapi…. jawaban yang kita temukan sendiri, akan kita ingat lebih lama, bahkan selamanya.

6. Belajar Tata Bahasa yang Tepat

Belajar tata bahasa yang tepat juga termasuk cara meningkatkan kemampuan menulis loh! Tata bahasa yang dimaksud disini tidak hanya tata Bahasa Indonesia saja, tetapi juga bahasa Inggris dan bahasa lainnya yang ingin kita gunakan dalam tulisan kita.

Kalau kita ingin menulis dengan Bahasa Indonesia, maka belajarlah tata bahasanya seperti PUEBI. KBBI bisa membantu jika gaya bahasa tulisan kita bersifat baku dan formal.

Jika kita ingin menulis dengan bahasa Inggris, belajarlah tentang grammar yang tepat. Jangan lupa untuk membedakan antara English-US dan EnglishBritish.

Begitu pula dengan bahasa lainnya. Usahakan agar tata bahasa di tulisan kita tidak campur-campur (kecuali brief kontennya harus campur Indonesia-Inggris kayak bahasa JakSel). Gunakan kaidah bahasa yang baik dan benar. Contohnya, kalau pake istilah asing, jangan lupa untuk memiringkan hurufnya.

7. Membaca Tulisan Orang Lain yang lebih Bagus dari Tulisan Kita

“Di atas langit, masih ada langit”, begitulah peribahasa yang harus kita terapkan jika ingin menjadi penulis yang handal. Jangan takabur karena di dunia ini pasti ada orang yang lebih hebat dari kita.

Agar kemampuan menulis kita bisa lebih baik, kita harus membaca tulisan orang lain yang lebih bagus dari tulisan kita. Pelajari bagaimana mereka membuat tulisan, paragraf, menyambung gagasan, dll.

8. Memiliki Mentor Menulis

Akan lebih baik jika kita bisa berguru dari orang yang lebih jago dari kita. There is no substitute for experience.

Dengan memiliki mentor menulis, kita tidak akan asal-asalan saat ingin meningkatkan kemampuan menulis. Ada mentor dengan pengalamannya yang akan membimbing agar kita tidak lompat-lompat dalam belajar atau terlalu dini dalam belajar di tingkat tinggi.

Bayangkan jika kita yang kalau jarang olahraga ingin membentuk otot perut, tapi latihan sit-up-nya asal-asalan seperti langsung 100x tanpa jeda. Yang ada kelelahan, sehingga kram dan harus beristirahat dalam beberapa hari.

9. Mengikuti Pelatihan Menulis

Salah satu cara meningkatkan kemampuan menulis juga adalah mengikuti pelatihan menulis.

Dengan mengikuti pelatihan menulis, kita bisa belajar langsung dari mentor/pengisi pelatihan, peserta pelatihan yang kemampuan menulisnya lebih baik dari kita, dan buku/referensi dari pelatihan menulis.

Pelatihan menulis ada yang gratis dan berbayar. Saran penulis adalah jika ada modal, cobalah untuk ikut pelatihan berbayar agar lebih berkomitmen saat pelatihan dan sebagai bentuk apresiasi untuk mentornya.

10. Terima Masukan dari Pembaca

Yang menentukan bagus atau jeleknya suatu tulisan itu bukanlah penulis, tetapi pembaca.

Kalau ada masukan dari pembaca, jangan merasa tinggi hati dan ada pikiran seperti “kayak dia bisa nulis aja”, “bukan kamu berarti target pasarnya”, “ah, sepele banget masukannya”, dan ungkapan di pikiran lainnya yang merupakan bentuk keangkuhan.

Jika yang memberikan masukan bukan target pembaca kita, tetap terima masukannya dengan lapang dada dan tanpa mengumpat ya. Diberi masukan itu sudah sepatutnya disyukuri karena hal itu adalah bentuk kepedulian.

Dari masukan pembaca, kita bisa tahu hal yang luput dari mata kita, sehinggat kemampuan menulis kita bisa lebih baik untuk ke depannya.

Siap Menerapkan Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis?

Itu dia 10 cara meningkatkan kemampuan menulis. Hal yang sudah ditulis di blog ini berlaku untuk penulis yang ingin meningkatkan kemampuan menulisnya dengan bahasa apa pun. Mau itu Bahasa Indonesia, bahasa asing, atau bahasa daerah, prinsipnya sama.

Jika masih awal, kamu bisa mulai dari free writing terlebih dahulu.

Yuk kita terus tingkatkan kemampuan menulis agar banyak yang bisa mendapatkan manfaat dan dampak dari tulisan kita!

Author

5 thoughts on “10 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis – Penulis Wajib Masuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *